You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
pju jalan jakarta
.
photo doc - Beritajakarta.id

8 Kecamatan di Jakpus Akan Dipasangi Lampu LED

Untuk menghemat energi tanpa mengurangi kualitas cahaya, Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat akan mengganti 2.196 titik penerangan jalan umum (PJU) yang tersebar di delapan kecamatan dengan lampu Light Emitting Diode (LED).

Tetapi lampu LED daya tahannya hingga 10 tahun, sementara lampu yang lama hanya 3 tahun

Ribuan titik lampu PJU itu di antaranya adalah Kecamatan Senen sebanyak 274 titik, Kecamatan Tanah Abang 237 titik, Kecamatan Johar Baru 212 titik, Kecamatan Kemayoran 288 titik, Kecamatan Menteng 235 titik, Kecamatan Sawah Besar 354 titik, Kecamatan Cempaka Putih 318 titik dan Kecamatan Gambir 278 titik.

Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Pusat, Iswandi mengatakan, untuk tahap awal penggantian lampu LED sudah dipasang di  Kecamatan Johar Baru sebanyak 87 lampu dan Jalan Wahid Hasyim, Tanah Abang sebanyak 18 lampu.

Mobil Tangga Minim, Perbaikan PJU Terhambat

Iswandi menuturkan, khusus untuk untuk Jalan Wahid Hasyim masih dalam tahap ujicoba menggunakan teknologi jarak jauh untuk menghidupkan dan mematikan lampu dengan menggunakan smartphone. Tentunya dengan aplikasi tertentu dengan memanfaatkan koneksi internet.

"Kedepan semua lampu PJU akan seperti itu, sehingga pihaknya tidak perlu muter cari lampu yang mati, tetapi akan ada sinyal yang memberitahukan. Jadi kami akan lebih cepat tahu dibandingkan masyarakat," terang Iswandi, Minggu (12/10).

Iswandi menjelaskan, meski pemakaian lampu LED lebih hemat, namun nominal investasi yang dikeluarkan lebih besar. Menurutnya, lampu PJU yang sekarang digunakan harganya sekitar Rp 4 juta, sedangkan lampu LED Rp 8 juta. 

"Tetapi lampu LED daya tahannya hingga 10 tahun, sementara lampu yang lama hanya 3 tahun. Selain itu kami juga tidak melakukan perawatan, karena sudah ada jaminan dari pabrikan," kata Iswandi.

Iswandi mengungkapkan, lampu LED itu akan dipasang di lingkungan pemukiman saja. Pasalnya jika dipasang di jalan raya akan mengganggu penglihatan pengendara kendaraan bermotor lantaran warna cahayanya putih.

Iswandi juga mengimbau, apabila ada lampu PJU yang padam mohon lapor ke posko PJU Jakarta Pusat. "Bagi masyarakat yang melihat adanya lampu PJU yang padam atau ada kerusakan, bisa langsung menghubungi nomor telepon 021-231 4444," pungkasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1224 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1123 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1101 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1057 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye990 personAldi Geri Lumban Tobing